Newsticker

Warta Cendana Edisi XI No.1 2018

Warta Cendana Edisi XI No.1 2018

Pengelolaan hutan secara lestari dan peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan dua hal yang sedang digalakkan oleh pemerintah saat ini. Konsep pembangunan tersebut sedikit banyak memiliki kemiripan dengan teori ekonomi hijau (green economy) yang menitikberatkan keseimbangan antara pembangunan dan kelestarian lingkungan. Beberapa upaya untuk mengimplementasikan teori tersebut pada sektor kehutanan dilakukan melalui program pengurangan emisi karbon dan pengembangkan potensi sumberdaya hutan yang bersifat terbarukan (renewable). Komoditas hasil hutan bukan kayu (HHBK) perlu terus dikembangkan karena memiliki manfaat ekonomis sekaligus ekologis. Masyarakat dapat mengolah HHBK guna meningkatkan kesejahteraannya, dan pengembangan HHBK sekaligus merupakan salah satu usaha konservasi air.
Tak kalah pentingnya bagi pengelolaan hutan yang lestari adalah pengembangan potensi pariwisata. Kawasan hutan di Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan potensi ekowisata yang perlu dikembangkan, khususnya Taman Nasional Komodo yang memiliki beberapa destinasi wisata alam baik berupa ekowisata dan wisata bahari. Jangan dilupakan pula, pemeliharaan kondisi biofisik bagi satwa endemik sehingga keberadaan satwa tersebut dapat lestari.
Beberapa topik tersebut di atas akan diulas pada Warta Cendana edisi XI nomor 1, 2018. Semoga pembahasan topik-topik tersebut menambah wawasan para pembaca.
Selamat membaca,