Newsticker

WARTA CENDANA EDISI XI NO.3 2018

WARTA CENDANA EDISI XI NO.3 2018

Konservasi flora dan fauna endemik di Nusa Tenggara Timur merupakan pekerjaan yang sangat penting. Populasi kura-kura leher ular rote (Chelodina mccordi Rhodin) di alam kini tidak diketahui dan diduga sudah punah (extinct in the wild). Upaya pemulihan populasinya melalui penangkaran pun tidak selalu berlangsung mulus. Namun, perkembangan baik mulai terlihat: dalam kurun waktu 2015-2017, persen hidup kura-kura leher ular rote di penangkaran mengalami peningkatan yang signifikan. Kabar baik lain adalah penemuan jenis burung baru, yaitu Myzomela Rote (Myzomela irianawidodoae) pada tahun 2017. Dengan ditemukannya kasus-kasus penjualan Myzomela Rote secara ilegal, status perlindungan jenis endemik ini perlu dipertegas.

Dalam skala makro, pengelolaan sumber daya hutan di Indonesia telah melewati perjalanan sejarah yang panjang. Pergeseran paradigma pembangunan kehutanan yang semula berorientasi pada produksi hasil hutan menuju pengelolaan hutan lestari menjadi momentum penting bagi upaya pengelolaan sumber daya hutan secara berkelanjutan.

Beberapa artikel terkait agenda pengelolaan sumber daya hutan mengangkat topik-topik menarik berikut: Sustainable Forest Management Mendukung Pembangunan Tanpa Merusak Hutan, Pendekatan Trigonometrik dan Geometrik Cara Mudah Mengukur Tinggi Pohon, dan Nilai Penting Rumput Tahan Kekeringan dalam Kaitan dengan Tantangan dan Peluang Pengembangan Peternakan Lahan Kering. Semoga artikel yang tersaji pada edisi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.