Newsticker

Detail Berita

BADAI SIKLON TROPIS SEROJA DI BUMI FLOBAMORA

BADAI SIKLON TROPIS SEROJA DI BUMI FLOBAMORA

Kupang, 12 April 2021. Badai siklon tropis Seroja melanda Nusa Tenggara Timur yang dikenal dengan “Bumi Flobamora” pada hari Senin tanggal 5 April 2021 telah mengakibatkan dampak yang sangat besar berupa korban jiwa dan materi. Kota Kupang merupakan salah satu daerah yang terparah akibat terjangan badai Seroja.

Badai siklon tropis Seroja yang melanda Bumi Flobamora, dampaknya sangat dirasakan oleh Balai Litbang LHK Kupang yang tersebar di Kota Kupang, Kab Kupang, Kab TTS, Kab TTU dan Kab Sumba Timur yaitu terjadi pohon-pohon jati tumbang di KHDTK Mapoli (KHDTK yang dikelola oleh Balai Diklat LHK Kupang) sehingga akses jalan menuju kantor terhambat, pohon-pohon dihalaman kantor mengalami tumbang dan mengakibatkan beberapa Barang Milik Negara (BMN) berupa gedung bangunan, pagar kantor, laboratorium, dll mengalami kerusakan, pohon-pohon tumbang yang berada di KHDTK Litbang Kehutanan Oelsonbai dan KHDTK Litbang Kehutanan Hambala yang menghambat akses jalan masyarakat, listrik dan jaringan komunikasi terganggu karena kabel terputus, terdapat rumah-rumah pegawai Balai Litbang LHK Kupang mengalami kerusakan dan terdapat kematian satwa hasil kegiatan Litbang sebanyak 4 (empat) ekor akibat cuaca ekstrim.

Para Pegawai Balai Litbang LHK Kupang sangat merasakan dampak badai berupa angin kencang dan hujan lebat berupa kerusakan bangunan rumah sebanyak 14 (empat belas) unit namun demikian semua pegawai dalam keadaan selamat.  Kerusakan tersebut akibat angin kencang sehingga seng atap rumah terbawa angin. Berdasarkan data terdapat 2 (dua) bangunan rumah dalam kondisi rusak berat akibat bencana tersebut.

Kementerian LHK melalui Surat Perintah Sekjen KLHK Nomor P.8/Setjen/Roum/Set.1/4/2021 tanggal 5 April 2021 telah membentuk koordinator posko, penggalangan dana dan penyaluran bantuan untuk meringankan beban para korban bencana siklon tropis tersebut.

Dalam rangka meringankan beban akibat bencana yang dialami pegawai Balai Litbang LHK Kupang, per tanggal 10 April 2021 Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK telah menghimpun dana beserta jajarannya sebesar Rp32.250.000,-. Selanjutnya dana bantuan tersebut mulai disalurkan kepada para pegawai pada tanggal 6 s/d 9 April 2021 oleh Kepala Balai Litbang LHK Kupang dan Tim Tanggap Darurat Internal Balai Litbang LHK Kupang serta Kepala Dinas LHK Provinsi NTT sebesar Rp19.400.000,- dengan besaran bervariasi sesuai dengan tingkat kerusakan yang dialami.

Para pegawai yang menerima bantuan mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementerian LHK, BLI dan Balai Litbang LHK Kupang yang telah cepat tanggap  memberikan perhatian, kepedulian dan bantuan untuk meringankan beban yang dialami.  Semoga Tuhan YME membalas kebaikan dari jajaran KLHK.  Aamiin YRA.

PhotoGrid_Plus_1617958112777-min

PhotoGrid_Plus_1617957975558-min