Newsticker

Detail Berita

KEMENTERIAN LHK, MELUNCURKAN TAS GUNA ULANG KHUSUS UNTUK OJEK ONLINE

KEMENTERIAN LHK, MELUNCURKAN TAS GUNA ULANG KHUSUS UNTUK OJEK ONLINE

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggandeng ojek online untuk mendorong penggunaan tas belanja guna ulang. Ini sebagai solusi pengganti kantong plastik sekali pakai. 

"Teman-teman dari ojek online ini adalah salah satu ujung tombak dalam upaya pengurangan sampah plastik di Indonesia, kita tahu banyak yg WHF semakin banyak pemesanan makanan secara online, dan itu meningkatkan sampah plastik," ujar Direktur Jenderal PSLB3 KLHK, Rosa Vivien Rahmawati, dalam acara "Peluncuran Tas Belanja Guna Ulang,".

Mengutip survei yang dilaksanakan oleh LIPI, Rosa mengatakan penggunaan jasa layanan antar meningkat dua kali lipat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang berkontribusi meningkatkan penggunaan sampah plastik. Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan dapat menurunkan penggunaan sampah plastik di Indonesia.

Rosa Vivien Ratnawati juga mengatakan "Pemerintah sudah punya peraturan presiden 97/2017, menargetkan pengurangan sampah 30 persen di tahun 2025, di samping pengurangan sampah itu 70 persen, artinya 100 persen sampah terkelola, sampah tidak terbuang begitu secara ilegal ke lingkungan,".

Beliau melanjutkan "Kegiatan ini sangat menunjang untuk pengurangan 30 persen lagi, dan saya harapkan juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi menghasilkan sampah plastik,".

Acara "Peluncuran Tas Belanja Guna Ulang" tersebut dihadiri oleh perwakilan mitra pengemudi dari tiga platform ojek online, yaitu Maxim, Grab dan Gojek.

 

Sumber: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/3614/kementerian-lhk-meluncurkan-tas-guna-ulang-khusus-untuk-ojek-online