Newsticker

Detail Berita

Pojok Iklim Edisi hari Ibu, Perempuan Flores Merawat Bumi dengan Kearifan Setempat.

Pojok Iklim Edisi hari Ibu, Perempuan Flores Merawat Bumi dengan Kearifan Setempat.

23 Desember 2020. Diskusi yang di adakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertajuk “Pojok Iklim: Perempuan Flores Merawat Bumi dengan Kearifan Setempat” melibatkan para narasumber dari kalangan wanita, atau mama, sebuah panggilan akrab di Indonesia Timur.  Para mama sebagai narasumber yaitu dari Kabupaten Flores Timur, Mama Maria Loretha dan Mama Agatha dengan tema mengembangkan dan membudidayakan kembali sorgum jenis pangan lokal yang sudah hampir dilupakan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Dari Kabupaten Manggarai, yaitu Mama Adelia dengan tema menggerakkan kelompok perempuannya dalam mengembangkan kopi. Sedangkan dari Kabupaten Sikka, Ibu Dian dengan tema mengembangkan budidaya kapas lokal sebagai bahan baku pemintalan benang, untuk mendukung kerajinan tenun masyarakat. Dan terakhir dari Kabupaten Ngada, Mama Wilhelmina berbagi cerita bersama kelompok Ibu-ibu melakukan pembibitan bambu keluarga untuk mendukung penanaman bambu di lahan terdegradasi dan mendukung pemenuhan bambu sebagai bahan baku konstruksi.

 

WAMEN POJOK IKLIM

zoom

Kegiatan berlangsung menggunakan zoom para mama sangat antusias menjelaskan bidang masing-masing, adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu :

  1. Berbagi informasi dan kisah para perempuan di Flores, NTT yang mendukung kebutuhan keluarga (sandang, pangan, papan) dengan kearifan lokal sekaligus berperan melestarikan alam dan lingkungan.
  2. Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi para ibu dan perempuan dalam rumah tangga dan lingkungan sekitarnya.
  3. Mendapatkan solusi terhadap upaya pengembangan kedepan sekaligus memberi dukungan dalam meningkatkan daya lenting di tingkat rumah tangga dalam menghadapi perubahan iklim.