Newsticker

Detail Berita

Kunjungan Kerja Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kabupaten Ngada, Flores, NTT

Kunjungan Kerja Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kabupaten Ngada, Flores, NTT

14-17 Desember 2020. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan kunjungan ke Hutan Bambu Turetogo, Mataloko dalam rangka Kunjungan Kerja bersama Kepala Badan Litbang dan Inovasi LHK dan Ibu Julie Laiskodat sebagai anggota komisi IV DPR RI. Di dalam kunjungan kerja ini, beliau melakukan peninjauan sistem Hutan Bambu Lestari yang dikelola oleh masyarakat bersama dengan Yayasan bambu lestari. Sistem pengelolaan ini bertujuan untuk mencapai pengelolaan bambu yang berkelanjutan, yang secara teknis dilakukan pelabelan pada batang bambu yang mengandung informasi nama pemilik dan tahun tebang. Di dalam sambutannya Wakil Menteri LHK mengatakan bahwa potensi bambu di kab ngada sangat luar biasa dimana bambu sangat potensial pada green economy sehingga bambu merupakan peluang baru untuk kita tingkatkan dalam hal rendah emisi dan membangun ekonomi hijau.

selain itu, bambu juga memiliki nilai lingkungan dan konservasi yang sangat bermanfaat, yaitu dengan menyerap karbondioksida kemudian disimpan dalambentuk karbon di dalam batang, serta memiliki fungsi dalam menjaga ketersediaan air. Potensi bambu di kab Ngada diperkirakan sekitar 8000 Ha dengan sebaran yang cukup luas. Keuntungan yang diperoleh dari bambu ini mampu meningkatkan sumber pendapatan, para pembudidaya bambu berkembang dan bambu dapat berfungsi sebagai subtitusi kayu, oleh karena itu patut kita dukung kedepannya.

Kegiatan berlanjut menuju Taman Wisata Alam Laut Riung dalam rangka meninjau potensi wisata bahari pulau-pulau di twal 17 pulau menggunakan Kapal Badak Laut, setelah selesai meninjau di TWA 17 Pulau kegiatan berlanjut pada penanaman mangrove di Lekosambi Timur (Mbai). Kegiatan ditutup pada di kebun rakyat dengan sistem Agroforestry bambu dimana beliau meninjau bambu hasil agroforestry yang dikembangkan oleh masyarakat setempat.

wamen1

wamen2