Newsticker

Detail Berita

Peran Serta Litbang LHK Kupang dalam HPSN 2020

Peran Serta Litbang LHK Kupang dalam HPSN 2020

Kupang, 7/3/2020. Bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang bersama dengan masyarakat dan mahasiswa Undana melakukan Kegiatan Bersih-Bersih di sekitar Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Oelsonbai, Fatukoa, Jumat (6/3/2020).

Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan dengan cara menyisir dan mengumpulkan sampah-sampah plastik yang berada disepanjang jalan masuk menuju KHDTK Oelsonbai yang sering dilalui oleh masyarakat sekitar kawasan.

Jefri DE Tokael, Tokoh Masyarakat sekaligus Ketua Kelompok Tani”Alkit Tabua”Kelurahan Fatukoa yang turut dalam kegiatan tersebut menyambut baik dengan adanya kegiatan bersih-bersih ini yang melibatkan masyarakat sekitar KHDTK Oelsonbai ini. Kegiatan bersih-bersih dengan mengumpulkan sampah-sampah plastik ini dapat memberikan contoh kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah rumah tangga terutama yang berbahan plastik, tambah Jefri.

Dalam Puncak Peringatan HPSN 2020 di Labuan Bajo, yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Kepala Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang, Sumitra Gunawan mewakili Badan Litbang dan Inovasi turut serta dalam acara tersebut.

Menko Luhut berpesan bahwa pengelolaan yang baik memerlukan peran aktif dari Pemda. Kita harus perangi sampah bersama. Sampah adalah musuh besar dan musuh masa depan Bangsa karena jika tidak diperangi, maka dampaknya akan dirasakan anak cucu kita kelak.

Sementara Menteri LHK Siti mengatakan HPSN 2020 menandai era baru pengelolaan sampah di Indonesia yang dilakukan secara terpadu dari hulu ke hilir (Sumber: Humas KLHK).

HPSN yang diperingati setiap tahun dapat menjadi momentum dalam membangun kesadaran masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sampah selama ini. Pada tahun HPSN 2020 ini, Kementerian LHK mengusung tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera”.