Newsticker

Detail Berita

KONTRIBUSI BPPLHK KUPANG DALAM PENYUSUNAN STRATEGI DAN RENCANA AKSI KONSERVASI BIAWAK KOMODO (Varanus komodoensis)

KONTRIBUSI BPPLHK KUPANG DALAM PENYUSUNAN STRATEGI DAN RENCANA AKSI KONSERVASI BIAWAK KOMODO (Varanus komodoensis)

Kupang 14 Februari 2020. Kegiatan konsinyasi tim penyusun dokumen Strategi dan Rencana Aksi Konservasi (SRAK) Biawak Komodo di Aula Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi NTT.  Dalam kegiatan tersebut 2 (dua) Peneliti Balai Litbang LHK (BPPLHK)  Kupang Dr. Kayat dan Oki Hidayat, S.Hut., M.Bio.Sc hadir sebagai kontributor dalam tim penyusun.

Kegiatan konsinyasi tim penyusun (verifikasi data dan informasi) tersebut bertujuan untuk memantapkan sejumlah data dan informasi yang dituangkan dalam draft dokumen SRAK biawak Komodo sebelum dikonsultasikan ke publik. Luaran dari kegiatan ini adalah pemantapan draft kesatu dokumen SRAK biawak Komodo berdasarkan data, informasi yang terpercaya sebelum dipaparkan dalam konsultasi publik. 

Dalam rapat tersebut Dr. Kayat menyampaikan hal-hal yang  perlu diperhatikan dalam suplai pakan komodo melalui skema penangkaran yang harus didukung dengan pembangunan kebun pakan.

Secara resmi penyusunan dokumen SRAK biawak Komodo telah diinisiasi sejak Oktober 2019. Pembentukan tim penyusun  mendapatkan legalisasi dari Direktorat Jenderal KSDAE melalui Surat Keputusan Nomor : SK.477/KSDAE/SET/KSA.2/11/2019 tentang Tim Penyusun Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Komodo (Varanus komodoensis) tahun 2020-2030.  Ketua tim penyusun adalah Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam NTT.