Newsticker

Detail Berita

BPPLHK Kupang Diseminasikan Hasil Litbang Kepada Mahasiswa Fakultas Peternakan UNDANA

BPPLHK Kupang Diseminasikan Hasil Litbang Kepada Mahasiswa Fakultas Peternakan UNDANA

Kupang, 25/05/2019. Hasil-hasil/produk litbang harus dapat tersebar dan tersampaikan kepada pengguna (user) seperti kalangan kampus sehingga hasil litbang yang telah terpublikasi tidak hanya berakhir di perpustkaan saja, hal tersebut disampaikan Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPLHK) Kupang, Sumitra Gunawan, saat membuka acara Diseminasi Hasil Litbang dengan Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana (UNDANA) di Ruang Rapat BPPLHK Kupang, Jumat (24/5).

Dihadapan para mahasiswa, Sumitra menjelaskan mengenai profil Balai dan pengelolaan Hutan Penelitian (HP) meliputi HP Oelsonbai di Kota Kupang, HP Bu’at di Soe Kab TTS, dan HP Banamlaat di Kefa Kab TTU. Semua HP tersebut sangat potensial untuk dijadikan sebagai laboratorium alam atau tempat praktek lapang/ penelitian oleh para mahasiswa.

Selain itu, para peneliti BPPLHK Kupang juga telah banyak menghasilkan publikasi-publikasi hasil penelitian baik dalam Jurnal, Prosiding dan Warta Cendana yang dapat dijadikan bahan referensi untuk penulisan skripsi mahasiswa serta produk unggulan seperti Teh Faloak, tambah Sumitra.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Agroforestri yang disampaikan oleh 6 (enam) Peneliti BPPLHKK Kupang :

  1. Nurhuda Adi Prasetiyo, memaparkan “Sejarah, Definisi dan Konsep Agroforestry”
  2. Gerson Njurumana, “Agroforestry: Manusia, Ternak/Satwa dan Hutan satu Kesatuan yang Tidak Terpisahkan”
  3. Rahman Kurniadi, “Silvopastur di Hutan Gunung Mutis”
  4. Frida P Inangsih, “Budidaya Cendana, Gaharu, dan Kayu Papi Berbasis Agroforestry”
  5. Kayat, “Agroforestry Tumbuhan Hutan dengan Pakan Rusa Timor”
  6. Dani S Hadi, “Potensi Pemanfaatan Lontar pada Sistem Agroforestri”

Pada sesi diskusi, para mahasiswa sangat antusias menyampaikan beberapa pertanyaan terhadap materi-materi mengenai agroforestri yang telah disampaikan oleh para Peneliti. Seperti pertanyaan mengenai pola-pola agroforestri yang sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh masyarakat namun belum tertata dengan baik sehingga perlu adanya informasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pola agroforestri tersebut dan penerapan hasil-hasil penelitian pola agroforestri yang disampaikan oleh pemapar apakah telah disosialisasikan kepada masyarakat.

 

Stefanus Tani Temu sebagai Dosen pembimbing dari 67 mahasiwa yang hadir tersebut sangat mengapresiasi pertemuan yang diinisiasi oleh BPPLHK Kupang dan kedepan diharapkan dapat dijalin kerjasama dengan UNDANA khususnya Fakultas Peternakan.

Stefanus, Dosen yang memiliki latar belakang ilmu lingkungan ini berharap dari pemaparan yang telah disampaikan oleh para peneliti dapat menambah wawasan ilmu mengenai agroforestri sehingga mahasiswa termotivasi melakukan penelitian skripsi dengan BPPLHK Kupang.

Diakhir acara Kepala BPPLHK Kupang mengatakan bahwa pertemuan atau diskusi dengan mahasiswa seperti ini dapat terus dilakukan sebagai ajang diseminasi hasil litbang dan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada pihak luar. Para mahasiswa dapat menyampaikan permasalahan-permasalahan mengenai bidang lingkungan hidup dan kehutanan kepada kami untuk di diskusikan sehingga dapat dikaitkan dengan penelitian-penelitian yang sudah dilakukan oleh BPPLHK Kupang, tutup Sumitra.

 DSC_1858

DSC_1861

DSC_1878