Newsticker

Detail Berita

TINGKATKAN KINERJA BALAI MELALUI RAPAT EVALUASI KEGIATAN TA 2019

TINGKATKAN KINERJA BALAI MELALUI RAPAT EVALUASI KEGIATAN TA 2019

Kupang, 8/5/2019 – Bertempat di Aula Balai Litbang LHK Kupang diadakan rapat evaluasi kegiatan penelitian dan non penelitian. Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan monitor progress kegiatan penelitian dan pengembangan dan kegiatan non penelitian dan pengembangan TA 2019. Rapat dipimpin oleh Kepala Balai Litbang LHK Kupang, Sumitra Gunawan, S.Hut., M.Sc dan dihadiri oleh para pelaksana kegiatan, PPK dan pejabat struktural lingkup Balai Litbang LHK Kupang.

Melalui pembukaannya, Sumitra menyampaikan bahwa Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian LHK menargetkan realisasi anggaran TA 2019 sebesar     99%.   Sementara itu, Balai Litbang LHK Kupang sampai dengan 8 Mei 2019 baru mencapai realisasi berdasarkan SPM sebesar 36,81% dan realisasi berdasarkan OMSPAN sebesar 33,53%. Sehingga dalam rangka mencapai target tersebut, perlu dilakukan percepatan penyerapan anggaran dengan tetap memperhatikan peraturan yang mengatur pengelolaan keuangan.

Dalam rapat ini disampaikan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Seksi Program, Evaluasi dan Kerjasama (PEK) yaitu realisasi anggaran yang telah dicapai oleh masing-masing pelaksana kegiatan dan sesi diskusi. Beberapa kegiatan menjadi sorotan Kepala Balai, terutama kegiatan yang realisasi anggarannya masih rendah, bahkan masih ada yang nol persen dan pemeliharaan gedung. Masing-masing pelaksana kegiatan diberikan kesempatan untuk menyampaikan progress dan strategi percepatannya meliputi rencana tata waktu kegiatan, target dan kendala yang akan dihadapi.  Pemaparan diawali oleh KSBTU Diny Darmasih dan Plt. Kasi PEK, kemudian Kasi DISPRA Hendra Priatna, dan selanjutnya pelaksana kegiatan Litbang dan non Litbang.  Diharapkan dengan komitmen yang disusun oleh pelaksana kegiatan tersebut dapat menjadi acuan dalam melakukan evaluasi pada Triwulan II/Semester I sekitar bulan Juni 2019.  Sumitra menegaskan bahwa sesuai arahan BLI bahwa kegiatan pengukuran/pengambilan data kegiatan penelitian dan pengembangan tidak boleh melebihi bulan Juni 2019 karena Tahun 2019 merupakan tahun penyusunan bahan sintesa serta capaian outcome yang masih rendah harus dipacu pada sisa waktu Tahun 2019 ini.

Pada kesempatan tersebut, Sumitra menyampaikan hal-hal lain yaitu terkait masalah kepegawaian, absensi, evaluasi E-kinerja, peningkatan diseminasi hasil-hasil Litbang melalui web dan media sosial, permasalahan pengelolaan KHDTK dan hutan penelitian/stasiun penelitian dan pengelolaan BMN.