Newsticker

Detail Berita

Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK Kunjungi NTT dalam rangka Sosialisasi dan Sinkronisasi Perhutanan Sosial

Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK Kunjungi NTT dalam rangka Sosialisasi dan Sinkronisasi Perhutanan Sosial

Kupang, 27/4/2019. Dalam rangka Sosialisasi dan Sinkronisasi Perhutanan Sosial, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (Dirjen PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr. Ir. Bambang Suprianto, M,Sc lakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selama 2 (dua) hari pada tanggal 26-27 April 2019.

Di hari pertama, kunjungan kerja diawali dengan melakukan pertemuan dengan Gubernur NTT Viktor B Laiskodat dan melakukan Rapat Sosialisasi dan Sikronisasi Perhutanan Sosial di Gedung Sasando kantor Gubernur NTT, Jumat (26/4). Dirjen PSKL yang didampingi oleh Kepala Dinas LHK Provinsi NTT, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT, Kepala Balai PSKL Jabalnusra serta Kepala UPT KLHK lingkup Provinsi NTT menyampaikan beberapa hal  terkait program perhutanan sosial, diantaranya mengenai Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Rakyat Hutan Adat dan Kemitraan Kehutanan yang merupakan bentuk skema dari perhutanan sosial. Selain itu disampaikan juga contoh keberhasilan PS di Kab. Lumajang.

Bambang Suprianto juga menyampaikan mengenai target nasional seluas 12,7 juta ha dan realisasi pelaksanaan dari skema perhutanan sosial yang baru mencapai 2,6 juta ha. Untuk Provinsi NTT sendiri, realisasi perhutanan sosial baru mencapai 44.595 ha dari target seluas 554.559 ha yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten/kota.

Dihari yang sama Dirjen PSKL meninjau kebun cendana milik masyarakat Bolok Desa Nitneo Kota Kupang. Ditempat itu Dirjen PSKL, Kepala Dinas LHK Prov NTT dan para Kepala UPT KLHK NTT berkesempatan untuk melakukan penanaman cendana dan melakukan dialog dengan kelompok masyarakat sekitar.

Selanjutnya Dirjen PSKL yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim ini bersama rombongan Kepala Dinas LHK dan para Kepala UPT serta dosen Universitas Nusa Cendana (Undana) melakukan kunjungan ke Taman Wisata Alam (TWA) Camplong yang dikelola oleh BBKSDA NTT dan kunjungan ke KHDTK Sisimeni Sanam yang dikelola oleh Balai Diklat LHK Kupang, Sabtu (27/4). 

Bambang Suprianto meninjau dan memberikan arahan dalam pengembangan potensi wisata alam yang berada di TWA Camplong, dan melakukan dialog dengan masyarakat yang berada disekitar KHDTK Sisimeni Sanam mengenai kemitraan kehutanan kepada KTH Paloil Tob, Fe'an Bol dan Nekamese.